Friday, February 16, 2018

Korea Student Visa | D-4 Visa for Korean Language Training


안녕하세요~~
Kembali lagi dengan aku, Adelia hehe. Untuk post-an sekarang bakal ngebahas “Kak Adelia untuk Visa Pelajar caranya gimana?” Yup, post-an sekarang bakal ngebahas apa aja dokumen yang harus kalian siapkan untuk membuat Visa Pelajar Korea Selatan.
Oh iya sebelumnya aku ucapkan terima kasih untuk Allah SWT, Orang tua, Kakak dan juga Kak Helena dan temen saya Annisa Uggez sudah mau ngebantu persiapkan dokumen dan juga selama di Korea. 😊
Oh iya, yang mau aku bahas yaitu Visa D-4 untuk pelatihan bahasa di Korea. Kalau kalian yang ingin membuat Visa untuk kuliah Sarjana ataupun Pascasarjana, visa D-4 tidak berlaku. Kalian harus membuat visa D-2. Untuk persyaratannya sepertinya sama aja, mungkin, ditambah beberapa dokumen lagi. 
Untuk pelatihan Bahasa Korea sendiri membutuhkan Visa D-4-1. Apa aja sih dokumennya?
Sebetulnya di website kedutaannya hanya tertera ini, tapi aku kemarin menambahkan beberapa dokumen pelengkap untuk ‘meyankinkan’ agar tidak disangka akan menjadi “TKI illegal”, haha.

1. Application Form 
Kalian bias download dibawah ini dan print. Biasanya ditulis tangan sih, tapi aku kurang tau apakah bisa diketik apa enggak, hehe. Dan aku akan bahas apa aja yang harus kalian tulis di Application Form-nya.

2. Passport!
Yang terpenting kalian harus punya Paspor dulu ya! Kalau enggak punya Paspor ya pasti ditolak dong. Beserta halaman identitas dan visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi.
“ Kak kalau enggak ada/ belum pernah keluar negeri lolos enggak ya?” Nah untuk ini, akukan bukan orang kedutaan jadi aku enggak tau apakah kalian bias dapet visa apa enggak. Yang penting berdoa aja dulu .

3Pas photo berwarna dengan latar belakang warna putih ukuran 3,5X4,5. Berbeda dengan biasanya 3X4 atau 4X5 , untuk Visa Korea ini diminta 3,5X4,5. Tapi, aku kemarin baca beberapa blog mereka apply dengan photo 3X4/4X5 tetep diterima juga. Oh iya lebih bagus lagi full face / muka kalian terlihat jelas ya. Kalian bisa bilang ke mas-mas photo “Mas photo buat Visa ya ukuran 3,4X4,5”.

 4. Letter of Admission (Original)
      Dokumen yang dikirim dari universitas, semuanya dilampirkan. Mulai dari Letter of Admission, Tuition receipt dan School registration certificate. Semua berkasnya ORIGINAL bukan copy-an. Oh iya pengalaman kemarin, cuman Letter of Admission saja yang dikembalikan, sisanya enggak dibalikin. Jadi, kalau mau kalian photo copy dulu aja. (enggak ada photonya soalnya lupa photo dan kertasnya udah jelek ㅜㅜ).

5Ijazah terakhir (Copy). Karena aku lulusan SMA,jadi aku pake ijazah SMA. Kemarin sempet bawa juga yang aslinya, tapi dibalikin juga.

6. Certificate of Health (Original). “kak ini apa sih?”

‘ Berlaku mulai 2 Maret 2016 bagi yang akan tinggal di Korea selama lebih dari 91 Hari diwajibkan untuk melampirkan Certificate of Health(TB) dari Rumah Sakit yang telah ditentukan oleh Kedutaan Besar Republik Korea.’

Kalian WAJIB untuk Tes TBC di rumah sakit rujukan kedutaan.
  Dibawah ini adalah daftar Rumah Sakit: 
No
Rumah Sakit
Alamat
No.TEL
Wilayah
Website
1
RS Medistra
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav.59 Jakarta Selatan 12950
021-521-0200
Jakarta
www.medistra.com
2
RS Pondok Indah
Jl. Metro Duta Kav. UE Pondok Indah Jakarta 12310
021-765-7525
Jakarta
www.rspondokindah.co.id
3
RS MMC(Metropolitan Medical Centre)
Jl. HR. Rasuna Said Kav C 20-21 Kuningan Jakarta 12940
021-520-3435
Jakarta
www.rsmmc.co.id
4
RS MRCCC Siloam
Jl. Garnisun Dalam No. 2-3 Semanggi Jakarta 12930
021-2996-2888
Jakarta
www.siloamhospitals.com
5
RS Premier Jatinegara
Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87 Jakarta 13310
021-2800-888
Jakarta
www.rs-premierjatinegara.com
6
BIMC Hospital
Jl. Bypass Ngurah Rai 100 X Kuta Bali 80361
0361-761-263
Bali
www.bimcbali.com
7
RS Siloam Bali
Jl. Sunset Road No.818 Kuta Badung Bali
0361-779-900
Bali
www.siloamhospitals.com
8
RSUD Dr.Soetomo
Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo 6-8 Surabaya
031-550-1078
Surabaya
rsudrsoetomo.jatimprov.go.id
9
RS Premier Surabaya
Jl. Nginden Intan Barat Blok B Surabaya 60118
031-599-3211
Surabaya
www.rs-premiersurabaya.com
10
RS Santo Borromeus
Jl. Ir. H. Djuanda No.100 Bandung Jawa Barat 40132
022-255-2000
Bandung
www.rsborromeus.com
11
RSUP Dr.Sardjito
Jl. Kesehatan No.1 Sekip Sinduadi Yogyakarta 55284
0274-583-613
Yogyakarta
sardjitohospital.co.id
12
Laboratorium Klinik PRAMITA
Jl. Dipongegoro 37 Medan Sumatra Utara 20152
061-452-5925
Medah

- Certificate of Health harus sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh pihak Kedubes Korea. Setelah mendapatkan Certificate of Health (TB), selanjutnya pemohon visa dapat mengajukan permohonan aplikasi visa. (cr http://overseas.mofa.go.kr )

Karena aku tinggal di Bandung, jadi rumah sakit rujukan di Bandung yaitu RS Santo Borromeous. Proses untuk cek TBC yaitu 2 jam . oh iya kalian tinggal bilang “Sus mau cek TBC buat Visa ke Korea”.
Biaya yang dikeluarkan yaitu Rp 216,000 ( kalau enggak salah). Proses memerlukan sehari jadi besoknya baru bisa diambil.

Seperti inilah contohnya.





7. Bukti keuangan terbaru 3 bulan terakhir dengan saldo minimal USD 9,000. Rekening koran + surat referensi dari bank dan di cap.

Nah ini nih yang ‘agak berat’ karena aku bukan orang yang ‘kaya raya’ seperti CEO Facebook atau CEO Microsoft, jadi aku sempet kewalahan juga sejujurnya, lol. Alhamdulillah rejeki enggak kemana pasti aja ada yang datang. Walau sempet berantakan karena tiba-tiba ada uang masuk dengan jumlah besar dan juga di 1 bulan terakhir, tapi Visa-nya tetap keluar juga. Oh iya aku kemarin pake tabungan ayahku ya, karena tabunganku enggak mencukupi, hiks.

*Tips dari aku, usahakan bertransaksi dengan Internet Banking/Mobile Banking/ Kartu. Misalkan mau beli pulsa, bisa pake M-Banking atau beli makanan Go-F**d, transfer dari M-Banking. Usahakan ada transaksi keluar masuk yang wajar ya.

8Surat pengantar dari pihak universitas jika kalian mahasiswa transfer*.

9. Photo copy KTP kalian dan juga orang tua kalian.

10. Photo copy Kartu Keluarga. Biasanya ini diminta kalau kalian pake buku tabungan orang tua kalian untuk membuktikan bahwa biaya Pendidikan kalian ditangguhkan oleh orang tua.

11. Photo copy akte kelahiran.

12. Letter of Sponsor.
Kalau kalian yang akan dibiayin oleh Ayah/Ibu kalian, kalian diwajibkan untuk membuat surat sponsor disertai dengan materai dan tanda tangan. Contoh surat sponsor bisa kalian liat  dibawah ini.



       13. Copy Private Insurance.
Bisa minta ke kantor asuransi kalian yang bisa digunakan diluar negeri ya. Tapi ujung-ujungnya beli juga asuransi di sini, haha.

       14.  SPT ( Copy Surat Pajak Tahunan dari pihak sponsor ).
           Kemarin aku tambahkan SIUP juga biar meyakinkan haha. Dan juga kalian bisa sertakan surat             bukti kerja kedua orang tua kalian juga.

**Untuk beberapa dokumen seperti Letter of Sponsor, Surat bukti kerja orang tua, Insurance disertakan dalam Bahasa Inggris ya!

Itulah beberapa dokumen yang harus kalian persiapkan. Minimal 2 bulan sebelum atau 1 bulan sebelum kalian sudah ada dokumennya. Untuk rekening koran kalau bisa yang terbaru ya! Max. 1 minggu sebelum menyertakan ke kedutaan Korea Selatan.

Setelah itu kalian tinggal berdoa dan tunggu hasilnya. Hanya pihak kedutaan dan Tuhan yang tahu. Agent sekali pun tidak bisa memastikan apakah Visa kita bisa keluar atau enggak.

Di chapter berikutnya akan aku bahas cara mengisi formulir Visa Korea Selatan!

Instagram & Twitter : AdeliaKae
jika ada pertanyaan silahkan comment atau E-mail aku; adeliakae@gmail.com [tidak menerima   Instagram Direct messages]

No comments:

Post a Comment