Friday, March 23, 2018

Housing in Seoul


Housing in Seoul | Study in South Korea

Hallo! Kali ini aku akan ngebahas tentang tempat tinggal di Korea! Ya pasti dong kalian udah daftar nih, udah dapat Visa juga eh tapi gak tau mau tinggal dimana? Masa kalian mau diemperan dekat stasiun kan enggak juga :p. Sebelumnya, Kalian juga harus tau “berapa” budget yang kalian miliki, soalnya rata-rata untuk biaya tinggal di Seoul bisa dibilang “cukup” ATAU bisa dibilang mahal juga.
Nah sebelum bahas tipe-tipe tempat tinggal di Korea, aku mau bahas ‘Rental System’ yang dipake untuk pembayaran untuk tempat tinggal di Korea.

Rental System in Korea
      1.       전세 (jeonse)
Nah Jonse ini sistemnya kalian bayar ‘Key Money Deposit’ di awal dan kalian FREE untuk tinggal. Apasih ‘Key Money Deposit’ itu? Kalian bayar di awal sebelum kalian melakukan kontrak dengan si agen atau pemilik tempat tinggal tersebut. Free yang dimaksud itu karena kalian udah bayar deposit di awal jadi gak usah bayar perbulan dan juga untuk jeonse harganya cukup mahal . Rata-rata dengan sistem ini biaya yang harus dikeluarkan 100,000,000 won atau 1 Milliar rupiah!! Wow mahal sekali kan? TAPI karena ini sistem kontrak, uang yang kalian bayar ke pemilik atau agen ini akan DIKEMBALIKAN FULL loh. Jadi kalau kontrak kalian 2 tahun dengan membayar deposit sekitar 100,000,000 won kalian enggak usah bayar apartement perbulan lagi (kecuali listrik,gas,air dll) dan setelah kontrak beres uang deposit itu akan dikembalikan ke kalian!

      2.       월세 (wolse) – Monthly Rent
Nah, untuk kalian yang enggak mau depositnya kegedaan, bisa juga pake sistem ini. Sistem ini bayar deposit diawal TAPI kalian enggak gratis tinggal seperti sistem jeonse sendiri. Sama halnya seperti “kontrakan” yang setiap bulan harus bayar. Untuk deposit sendiri biasanya dari 1,000,000 won sampai 20,000,000 won atau sekitar 13 juta rupiah sampai 260 jutaan. Memang depositnya lebih rendah tapi kalian harus bayar perbulannya. Untuk biaya perbulan, biasanya mulai dari 300,000 won sampai ada yang 1,200,000 won juga dan bisa lebih tergantung ukuran rumah dan juga ‘furnitures’ yang ada di tempat tinggal tersebut. Tentu saja ini sistem kontrak dan uang deposit kalian akan dikembalikan.

Types of Housing in Korea
      1.       On-campus Housing / Dormitory
       Biasanya pelajar pake tempat tinggal ‘alternative’ yaitu dormitory (asrama). Semua fasilitas sudah ada mulai dari Kasur,meja belajar,lemari, mesin cuci diluar kamar dan lain-lain. Dan juga biasanya dikasih makan juga, mungkin ada beberapa dormitory yang menyediakan tempat gym dan TV juga, tapi aku kurang tau karena aku enggak pernah tinggal di asrama ,hehe.
Tapi aku sendiri enggak suka dengan asrama. Selain ada jam yang harus kalian tepati,seperti waktu gerbang  ditutup, aku sendiri enggak suka membagi kamar dengan orang lain. Aku lebih nyaman sendiri jadi aku milih officetel daripada dormitory. Oh iya, asrama sendiri kurun waktu tinggalnya cuman 1 semester atau 3 bulan dan tidak bisa diperpanjang!. Jadi kalau kalian mau tinggal di asrama ya harus keluar dulu baru bisa balik lagi dan harus daftar setiap semesternya. Menurutku sih ribet.
Di Korea University untuk harga 1 semester asrama yaitu 1,200,000 won atau sekitar 15,5 juta rupiah. Sekitar 5 juta rupiah perbulannya.
Untuk daftar dormitory di Korea University https://klc.korea.ac.kr/forwarding.do?addr=contents/dorm_en

      2.       Goshiwon (고시원)
       Di Indonesia sendiri goshiwon biasa disebut “kos-kosan”. Nah ini harga pas banget untuk mahasiswa/mahasiswi yang ingin ‘saving money’ biaya hidup di Korea. Goshiwon sendiri menurut aku enak juga, selain fasilitas lengkap dan juga kamarnya sendiri-sendiri (+ kamar mandi di dalam rungan) (ada juga kamar mandi yang sharing) , biasanya gratis nasi dan kimchi loh! Ada dapur juga jadi kalian bisa masak. Tapi biasanya goshiwon tidak diperbolehkan selain penghuni untuk masuk kamar kalian. Mungkin bisa kalau seijin pemilik goshiwon tersebut. Harganya kisaran 200,000 won sampai 700,000 won.
Kalian bisa cari goshiwon dekat sekolah kalian disini loh https://goshipages.com/

      3.       Hasukjip (하숙집)
       Aku kurang ngerti bagaimana sistem hasukjip ini, kalau yang aku baca sih ini semacam kos-kosan tapi kos-kosan yang ada dirumah orang Korea. Biasanya pemilik hasukjip ini seorang ahjumma. Harganya mungkin sama seperti goshiwon dan juga tentu saja fasilitas semua lengkap. Kalau kamu yang kangen banget feeling ada dirumah dan kangen dengan orang tua, mungkin ini tempat tinggal yang cocok buat kamu!

      4.       Officetel (오피스텔) / One room.

      Officetel sendiri sejenis apartment tapi bangunannya enggak tinggi kaya apartment yang menjulang keatas*loh. harganya hampir sama seperti Apartment tapi sistemnya ada wolse ataupun jonse  dan fasilitas enggak kalah bagus dan biasanya fasilitasnya baru juga dengan keamanan dan cctv 24 jam jadi kalau pulang malem atau ada kehilangan barang enggak khawatir deh.ukuran kamar lebih kecil karena officetel sendiri sejenis one room dengan fasilitas lengkap nan bagus, tapi ada juga yang ukuran lebih besar dari one room. Untuk kisaran harga officetel dekat sekolah yaitu 550,000 - 2,000,000 won perbulan (bahkan lebih) dengan deposit 5,000,000 – 100,000,000 won. 



      5.       Villas / One room
        Ini bukan villas yang kalian pikirkan ya, yang depannya laut atau ditempat sejuk gitu, hihi.
Yang aku baca yaitu bangunan 4-5 lantai yang terbagi beberapa unit ruangan. Mungkin sejenis Apartment/Officetel lagi kayanya, dan juga bangunannya lebih tua dari apartment/Officetel. Biasanya orang korea sendiri banyak juga yang tinggalnya di villas ini. Harganya pun relative dengan full furnished atau ada juga yang engga full furnished. Buat kalian yang akan tinggal di Korea lama, villas bisa jadi salah satu pilihan buat kalian! Nah aku sendiri tinggal di villas ini dekat sekolah. Kalau aku bilang sih nyaman aja ya, semua fasilitas sudah ada mulai dari Kasur,meja belajar,lemari,tempat sepatu dan buku, mesin cuci sendiri, wastafel,shower, kompor bahkan microwave didalam kamar loh! Fasilitas semuanya sudah lengkap. Memang tidak besar dan tidak kecil juga. Pas untuk seorang mahasiswa yang ingin menikmati masa hidup mudanya *cielah. Tapi kadang suara tetangga suka kedengeran juga, jadi kalau enggak mau mengganggu tetangga sebelah ya jangan berisik saja. Oh iya, enggak semua Villas/one room fasilitas lengkap loh, beberapa one room juga tidak ada Kasur atau lemari. Tapi jangan khawatir! Kalian bisa membelinya di online atau di supermarket biasanya ada juga. Beberapa villas juga enggak ada elevator, jadi kalau kalian dapet dilantai 5 ya olah raga setiap hari dong, hehe. Villas/one room sendiri biasanya dengan sistem wolse (ada juga yang jonsae) tergantung pemilik officetel sendiri.
Untuk kisaran harga villas dekat sekolah yaitu 450,000-1,200,000 won perbulan dengan deposit 2,000,000 – 10,000,000 won.


      6.       Apartments (아파트)
       Kalau kamu mau tinggal dengan ruangan yang besar, fasilitas lengkap, keamanan terjamin dan dengan budget yang besar, aku saranin kalian untuk tinggal di apartment! Tentu saja harganya mahal, bisa sampai 2-6 milliar rupiah loh! Biasanya apartement ini sistemnya jeonse , jadi kalian enggak usah bayar perbulan lagi. Tapi ada juga beberapa one room yang bertempat di apartment dengan sistem jeonse maupun wolse. Biasanya disarankan kalau kalian tinggal Bersama keluarga kalian.

NAH, kalian udah dapet tempat tinggal yang cocok buat kalian, terus mau kontak ke agentnya lewat mana? Hayoh bingung kan? Jangan khawatir! Kalian bisa liat kamar-kamar kosong yang tersedia lewat aplikasi bernama dabang (다방) atau jikbang (직방) di App store atau playstore. Sebetulnya banyak aplikasi real estate di App store/Playstore, tapi aku recommend kedua itu. Selain kedua applikasi tersebut, aku pake agent bernama https://stayes.com/ . mereka punya staff yang bisa ngomong Bahasa inggris loh, jadi kalau kalian enggak bisa ngomong Bahasa Korea, aku recommend banget pake agent ini soalnya jikbang dan dabang rata-rata pake Bahasa korea semua.
Beberapa website yang menyediakan tempat tinggal di Korea Selatan.
dan beberapa yang sudah aku sebutkan diatas. Oh iya, di deket kampus sendiri banyak loh real estate agents  yang menyediakan kamar-kamar. Kalian bisa datengi tempat bernama 부동산(budongsan). Mereka akan bantu kalian mencari kamar sesuai dengan budget kalian! Jangan lupa untuk cek kontrak dengan jelas ya! Selamat mencoba!

Instagram & Twitter : AdeliaKae
jika ada pertanyaan silahkan comment atau E-mail aku; adeliakae@gmail.com [tidak menerima   Instagram Direct messages]




No comments:

Post a Comment